Monday, September 27, 2010

Hati-hati Beli Busi Motor

Posting kali ini berkaitan dengan kejadian yang baru saya alami. Senin tanggal 20 sept kemarin, motor mogok saat mau di pake kerja....cek bensin ok, karburator ok.....cek busi, ternyata tidak ada api....mati!!!, terpaksa deh dorong sampai bengkel terdekat.  sama yang punya bengkel saya dikasih busi baru dan dipasang sama mekaniknya....starter langsung hidup....ahh, beres, langsung saya arahkan motor ke tempat kerja.

Di tengah jalan....saya koq merasa ada yg gg beres dengan motor....ada bunyi klitik-klitik dibagian mesin...lama bunyi ini saya diamkan, krn tidak tahu asalnya dan belum ada waktu utk cek ke bengkel. tapi lama kelamaan jadinya benear-benar gg enak bawa motor diiringi bunyi..klitik2an  :)  ditambah lagi pikir saya bunyi dari daerah mesin, kalo didiamin lama..bisa2 merembet ke lain-lain.

Akhirnya, sabtu saya coba cek lagi dibagian busi...krn saya pikir masalah ini muncul setelah saya ganti busi.  dan ternyata benar....posisi busi tidak rapat (longgar).  sehingga muncul bunyi klitik2 tersebut.  busi saya kencangkan sampai full....mesin saya hidupkan......apa yang terjadi ???    Mesin bukannya hidup, malah saya lihat busi terdorong ke luar dan tentunya mesin masih mati...tidak bisa dihidupkan

Saya kaget ..koq busi bisa terdorong keluar.....tapi belum sadar apa yang terjadi, busi saya lepas...saya cek api masih bagus....terus saya pasang lagi sampai full......saya starter, kembali mesin tidak hidup dan busi sekali lagi terdorong keluar......setelah coba beberapa kali starter....tidak mau hidup juga, capek starter , akhirnya motor saya gelandang lagi ..... (memangnya maling digelandang....hehehe) ke bengkel.

sama montir...busi dicopot..dan yang bikin saya kaget , montir bilang..."businya salah mas..kepanjangan....ini mah busi utk Supra X 125"  .  pikiran saya langsung melayang ke bengkel tempat saya beli busi beberapa hari lagi kemarin...."ahh, sialan, bengkel motor koq bisa salah jual busi...padahal motor dibawa ke bengkel dia" mau di claim...mana mau dia ganti ...saya pikir kecil kemungkinan tuh bengkel mau tanggung jawab.

singkat cerita karena busi terlalu panjang, sehingga begitu dihidupkan..busi berbenturan dengan klep dan juga merusak piston motor dan akhirnya saya harus ganti klep dan piston serta lobang busi harus di bubut lagi krn dratnya rusak.

sebagai point positif yang bisa diambil dari kasus ini adalah :
1. pastikan busi yg dibeli sesuai dg motor kita
2. kalo perlu bandingkan panjang busi baru dan busi lama
3. klo kita ingin memasukkan busi ke lobangnya, jangan langsung gunakan alat bantu. putar pake tangan dulu..sampai kira2 cukup keras, baru di kencangkan dengan alat bantu pasang busi  (ini hasil pengalaman saya sebelumnya, pasang busi langsung pake alat...ternyata posisi busi belum tepat di alurnya....shg akhirnya malah merusak drat busi. kalo dah begini, solusinya lobang busi harus di bubut)

motor saya titipkan ke bengkel resmi honda ahass di dekat rumah dan baru selesai besok harinya (saya pilih bengkel resmi honda, krn part yang diganti adalah bagian yang vital di dalam mesin).  hari ini saya mau telepon bengkel utk minta info motor.....tapi telepon bengkel tidak tahu ?!....berkat bantuan uncle google..nomor telepon bisa saya dapat...dan info dari bengkel....motor selesai 3 jam lagi atau sekitar jam 2 siang ini.

jika anda pengin cari nomor telepon bengkel resmi honda Ahass....bisa kunjungi web mereka di alamat http://www.astra-honda.com/index.php/jaringan/h2

tinggal pilih kota lokasi bengkel.....nama bengkel, alamat dan nomor telepon akan tertera lengkap.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails