Monday, December 13, 2010

Kantor Tempat Hosting Server Wikileaks

Wikileaks saat ini menjadi pembicaraan sangat hangat karena keberaniannya memposting informasi-informasi top secret milik negara-negara di berbagai dunia. Akibat berita-berita yang disampaikan Wikileaks, banyak pejabat negara maju khususnya yang marah besar krn rahasia yang selama ini mereka simpan di sebarkan ke publik tanpa sensor.

Bagi publik, hal ini tentunya juga baik sebagai penyeimbang informasi yang mereka terima. dan tentu hal ini memberi konsekwensi pemegang jabatan penting di negara atau di organisasi apapun, tidak bisa lagi sewenang-wenang menutup informasi yang tidak baik bagi mereka.

Internet sebagai media informasi yang digunakan Wikileaks, tentu tidak 100% aman dari serangan pihak-pihak yang tidak senang atau tidak setuju dg Wikileaks. Bagaimana Wikileaks melindungi data mereka dari serangan tersebut.  Salah satu cara adalah dengan menyimpang data di lokasi hosting server yang aman.  Mungkin salah satu yang teraman di dunia karena di bangun di bungker bawah tanah anti serangan nuklir.



Bahnhof adalah nama hosting server Wikileaks yang berlokasi di bawah pegunungan di Swedia. Melayani 8000 server dan Wikileaks punya 2 server disana (dan beberapa di hosting lainnya). Bahnhof di rancang aman dari serangan cyber maupun serangan fisik. Khusus utk fisik, Bahnhof tergolong special karena di bangun di bawah gunung, sehingga dindingnya merupakan batu gunung yang keras dan tebal.

berikut gambar kantor Bahnhof :









sumber :
kompas.com & officesnapshots.com

1 comment:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails