Monday, March 9, 2015

PENYAKIT TIPES : APA dan BAGAIMANA



Saya tertarik untuk mencari tahu apa itu Penyakit Tipes, asal mula, penyebaran dan pengobatannya, di dorong oleh kenyataan saya dan istri telah terkena sakit tipes ini dalam waktu 2 minggu terakhir ini. Rasanya sungguh mengesalkan : kepala pusing, badan panas, pegal, mual muntah, dan lemes.

harapannya, penyakit ini tidak lagi menyerang saya dan keluarga. demikian juga untuk pembaca sekalian.  berikut detailnya.

Apa itu Tipes

Tipes atau types adalah penyakit infeksi bakteri yang menyerang usus halus dan terkadang bisa menyerang aliran darah.  Penyakit tipes diakibatkan oleh kuman Salmonella Typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C. dalam dunia kedokteran, penyakit tipes terkenal dengan sebutan TYPHOID FEVER atau Thypus abdominalis karena berhubungan dengan usus pada perut.

Asal Mula Tipes

Sakit tipes bermula dari masuknya kuman melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak, kuman kemudian masuk ke dalam dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di system retikuloendotheliar dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang akhirnya menimbulkan gejala-gejala klinis.
Untuk memastikan apakah seseorang terkena sakit tipes, maka harus dilakukan pemeriksanaan laboratorium ( test darah ) untuk mengetahui :
a. Apakah terjadi penurunan sel darah putih
b. Trombosit menurun
c.   Ada tidak bakteri salmonella typhosa pada darah

Pada pemeriksaan fisik, dapat ditemui bradikardi ( denyut melemah) relatif, pembesaran limfa, tegangnya otot perut dan kembung.

Gejala sakit Tipes

Gejala umum yang dirasakan penderita sakit tipes adalah :
a. Panas badan yang semakin meninggi setiap hari, terutama pada sore dan malam hari. Terjadi selama 7-10 hari hari, kemudian panasnya menjadi konstan dan kontinyu. Umumnya pagi hari merasa agak baikan, namun menjelang malam kondisi badan menurun kembali.
b. Timbul gejala lemah, sakit kepala, infeksi tenggorokan, rasa tidak enak di perut, mual, sembelit dan terkadang sulit BAB serta diare.
c. Pada keadaan yang berat, penderita tipes bertambah sakit dan mulai kehilangan kesadaran. Jika tidak ditangani dengan serius, tipes dapat mengakibatkan kebocoran pada saluran usus dan bisa menyebabkan kematian.

Siapa yang bisa terkena

Penyakit tipes dapat menyerang anak-anak di atas 1 tahun sampai orang dewasa. Bergantung pada daya tahan tubuh di penderita.


Cara penanggulangan / pencegahan

Penyakit Tipes menular melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman tipes “Salmonella typhosa”, kotoran atau air seni dari penderita tipes. Bisa juga dari telur ayam yang dimasak setengah matang dimana cangkang telurnya tercemar kotoran ayam yang mengandung bakteri tipes.

Bila Anda sering terkena penyakit ini, kemungkinan besar makanan atau minuman yang dikonsumsi tercemar bakterinya. Hindari makanan yang tidak bersih, cucilah tangan sebelum makan
Untuk mencegah, hindari jajanan di pinggir jalan, bisa juga dengan vaksin tipes yang disuntikan atau dengan cara minum obat. Vaksin tipes dapat melindungi seseorang dalam waktu 3 tahun.

Pengobatan
Jika sudah terkena tipes, maka penderita harus istirahat total selama beberapa minggu bahkan bulan.
Yang perlu diperhatikan pasca terkena Tipes adalah pola makan yang benar. Misalnya harus lunak, ya terapkan makan lunak sampai batas yang telah ditentukan dokter, kemudian makanan yang berminyak, pedas, asam, spicy hindari. Kurangi kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Kemudian untuk menjaga stamina bisa diberikan Kapsul Tapak ( sesuai ketentuan dokter) Liman 3 x 2 Kaps/hr, Kaps Daun sendok 3 x 2Kaps.hr, dan Patikan Kebo 3 x 1 Kaps/hr. (untuk membantu mempercepat penyembuhan luka diusus akibat Typus).

Pengobatan pada penderita ini meliputi tirah baring, diet rendah serat – tinggi kalori dan protein, obat-obatan berupa antibiotika (dijelaskan pada paragraf berikutnya), serta pengobatan terhadap komplikasi yang mungkin timbul.

Obat untuk penyakit Types adalah antibiotika golongan Chloramphenikol, Thiamphenikol, Ciprofloxacin dll yg diberikan selama 7 – 10 hari. Lamanya pemberian antibiotika ini harus cukup sesuai resep yg dokter berikan. Jangan dihentikan bila gejala demam atau lainnya sudah reda selama 3-4 hari minum obat. Obat harus diminum sampai habis ( 7 – 10 hari ). Bila tidak, maka bakteri Tipes yg ada di dalam tubuh pasien belum mati semua dan kelak akan kambuh kembali.


Demikian gambaran penyakit tipes yang banyak menyerang masyarakat Indonesia, mudah-mudahan dapat memberi pencerahan.

2 comments:

  1. Types or often called typhoid fever also occur due to a bacterial infection Salmonella typhi. Many diseases that afflict children this can endanger life if not handled properly and effectively as soon as possible.
    Obat China Untuk Tipes

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails